Internet Marketing dapat diartikan sebagai
usaha untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan internet. Secara garis
besar Internet Marketing dapat dibagi dua, yaitu Sumber Penghasilan (Source of
Income) dan Cara Promosi (Traffic Generation).
1. Sumber Penghasilan (Source of Income)
Ada berbagai macam sumber penghasilan dalam Internet Marketing, beberapa diantaranya sebagai berikut; Pay Per Sale, Pay Per Click, Pay Per Lead, Jual Produk Sendiri, Pelelangan (Internet Auction).
a. Pay Per Sale (PPS)
Pay
Per Sale dilakukan dengan mempromosikan produk dan jasa orang lain atau
perusahaan. Dan kita akan mendapatkan keuntungan jika produk atau jasa yang
kita tawarkan berhasil terjual. Contoh website yang menyediakan komisi jika
produknya diiklankan di web atau blog kita dan berhasil terjual adalah Amazon
dan Clickbank.
b. Pay Per Click (PPC)
Pay
Per Click adalah sumber penghasilan yang didapat jika iklan yang kita pasang
pada blog atau website kita di klik oleh pengguna internet lain. Chitika dan
Google AdSense adalah contoh dari Pay Per Click.
c. Pay Per Lead (PPL)
Pay
Per Lead adalah suatu program yang akan membayar anda ketika anda berhasil
mengajak atau mereferensi kan seseorang untuk bergabung menjadi member situs
tersebut. Contohnya: Max Bounty dan Copcet.
d. Menjual Produk Sendiri
Kita
mengiklankan produk atau jasa yang kita miliki di internet dan tentu jika
produk atau jasa yang kita miliki terjual, keuntungan sepenuhnya untuk kita
sendiri.
e. Pelelangan (Internet Auction)
Contohnya:
eBay dan Flippa
2. Traffic Generation (Cara Berpromosi)
Cara berpromosi dapat
melalui banyak cara, tapi sebaiknya harus dipilih satu atau beberapa saja,
karena akan sangat sulit dan untuk mencegah hilangnya fokus promosi. Berikut
beberapa cara berpromosi di internet:
a. PPC Ads
Anda
mendaftarkan barang atau jasa anda pada perusahaan periklanan atau perorangan
dengan ketentuan anda membayar untuk iklan anda setiap ada orang yang mengklik
iklan anda. Contohnya: Google Adwords, Yahoo Ads, MSN Ad Center atau kliksaya.com (versi indonesia)
b. SEO (Search Engine Optimization)
SEO
dilakukan dengan mendaftarkan index kepada mesin pencarian atau dengan cara
lain yang tujuannya meningkatkan trafik kunjungan ke situs atau blog anda
sehingga meningkatkan jumlah orang yang melihat iklan anda.
c. Email Marketing
Email
marketing adalah upaya untuk memasarkan produk atau jasa yang menggunakan email
sebagai media penyebaran informasi produk atau jasa yang ditawarkan.
d. Mobile Advertising
Mobile
marketing adalah pemasaran atau pengiklanan produk atau jasa dengan handphone
sebagai jalannya. Ini bisa dilakukan dengan mengirim pesan berupa pemberitahuan
tentang produk atau barang yang anda tawarkan.
e. Social Media Marketing
Ini
adalah cara yang paling sering dilakukan sebagian besar orang indonesia, yaitu
dengan membagikan informasi produk atau jasa yang ditawarkan di media sosial
seperti; Facebook, Twitter, Google+, Youtube, dll.
Inilah gambaran besar Internet Marketing yang umumnya di lakukan orang untuk menawarkan, menjual, mengiklankan atau dengan menjadi jembatan antara penjual dan pembeli, semua ini dilakukan tujuan utamanya adalah mencari keuntungan. Untuk lebih jelas mengerti tentang gambaran umum Internet Marketing dapat di lihat di bawah ini;
*Pustaka :1. Ahira A., Contoh Video training asianbrain.com, [online], (www.asianbrain.com,
diakses tanggal 1 Januari 2013)
Tulisan ini penulis buat untuk melengkapi tugas Peluang Lingkungan Bisnis. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk setiap orang yang membacanya, silahkan di kopi paste tapi harus menyertakan link artikel ini. Terima Kasih.
Tag : Lingkungan bisnis gambaran besar lingkungan bisnis gambaran umum lingkungan bisnis tugas kuliah bisnis kuliah peluang lingkungan bisnis stmik amikom yogyakarta contoh karya ilmiah tugas karya ilmiah lingkungan bisnis stmik amikom yogyakarta tugas lingkungan bisnis peluang bisnis internet marketing gambaran umum internet marketing internet marketing dalam gambaran umum gambaran besar internet marketing asian brain pengertian internet marketing secara umum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar