Pages

Minggu, 03 Maret 2013

Gambaran Besar Internet Marketing


     Internet Marketing dapat diartikan sebagai usaha untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan internet. Secara garis besar Internet Marketing dapat dibagi dua, yaitu Sumber Penghasilan (Source of Income) dan Cara Promosi (Traffic Generation).

1.      Sumber Penghasilan (Source of Income)


       Ada berbagai macam sumber penghasilan dalam Internet Marketing, beberapa diantaranya sebagai berikut; Pay Per Sale, Pay Per Click, Pay Per Lead, Jual Produk Sendiri, Pelelangan (Internet Auction).

a.       Pay Per Sale (PPS)

     Pay Per Sale dilakukan dengan mempromosikan produk dan jasa orang lain atau perusahaan. Dan kita akan mendapatkan keuntungan jika produk atau jasa yang kita tawarkan berhasil terjual. Contoh website yang menyediakan komisi jika produknya diiklankan di web atau blog kita dan berhasil terjual adalah Amazon dan Clickbank.

b.      Pay Per Click (PPC)

     Pay Per Click adalah sumber penghasilan yang didapat jika iklan yang kita pasang pada blog atau website kita di klik oleh pengguna internet lain. Chitika dan Google AdSense adalah contoh dari Pay Per Click.

c.       Pay Per Lead (PPL)

    Pay Per Lead adalah suatu program yang akan membayar anda ketika anda berhasil mengajak atau mereferensi kan seseorang untuk bergabung menjadi member situs tersebut. Contohnya: Max Bounty dan Copcet.

d.      Menjual Produk Sendiri

      Kita mengiklankan produk atau jasa yang kita miliki di internet dan tentu jika produk atau jasa yang kita miliki terjual, keuntungan sepenuhnya untuk kita sendiri.

e.       Pelelangan (Internet Auction)

      Contohnya: eBay dan Flippa

2.      Traffic Generation (Cara Berpromosi)

       Cara berpromosi dapat melalui banyak cara, tapi sebaiknya harus dipilih satu atau beberapa saja, karena akan sangat sulit dan untuk mencegah hilangnya fokus promosi. Berikut beberapa cara berpromosi di internet:

a.       PPC Ads

Anda mendaftarkan barang atau jasa anda pada perusahaan periklanan atau perorangan dengan ketentuan anda membayar untuk iklan anda setiap ada orang yang mengklik iklan anda. Contohnya: Google Adwords, Yahoo Ads, MSN Ad Center atau  kliksaya.com (versi indonesia)

b.      SEO (Search Engine Optimization)

SEO dilakukan dengan mendaftarkan index kepada mesin pencarian atau dengan cara lain yang tujuannya meningkatkan trafik kunjungan ke situs atau blog anda sehingga meningkatkan jumlah orang yang melihat iklan anda.

c.       Email Marketing

Email marketing adalah upaya untuk memasarkan produk atau jasa yang menggunakan email sebagai media penyebaran informasi produk atau jasa yang ditawarkan.

d.      Mobile Advertising

Mobile marketing adalah pemasaran atau pengiklanan produk atau jasa dengan handphone sebagai jalannya. Ini bisa dilakukan dengan mengirim pesan berupa pemberitahuan tentang produk atau barang yang anda tawarkan.

e.       Social Media Marketing

Ini adalah cara yang paling sering dilakukan sebagian besar orang indonesia, yaitu dengan membagikan informasi produk atau jasa yang ditawarkan di media sosial seperti; Facebook, Twitter, Google+, Youtube, dll.

      Inilah gambaran besar Internet Marketing yang umumnya di lakukan orang untuk menawarkan, menjual, mengiklankan atau dengan menjadi jembatan antara penjual dan pembeli, semua ini dilakukan tujuan utamanya adalah mencari keuntungan. Untuk lebih jelas mengerti tentang gambaran umum Internet Marketing dapat di lihat di bawah ini;


Gambaran besar internet marketing


*Pustaka :1.    Ahira A., Contoh Video training asianbrain.com,  [online], (www.asianbrain.com, diakses tanggal 1 Januari 2013)

      Tulisan ini penulis buat untuk melengkapi tugas Peluang Lingkungan Bisnis. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk setiap orang yang membacanya, silahkan di kopi paste tapi harus menyertakan link artikel ini. Terima Kasih.


Tag : Lingkungan bisnis gambaran besar lingkungan bisnis gambaran umum lingkungan bisnis tugas kuliah bisnis kuliah peluang lingkungan bisnis stmik amikom yogyakarta contoh karya ilmiah tugas karya ilmiah lingkungan bisnis stmik amikom yogyakarta tugas lingkungan bisnis peluang bisnis internet marketing gambaran umum internet marketing internet marketing dalam gambaran umum gambaran besar internet marketing asian brain pengertian internet marketing secara umum

Tidak ada komentar: